Ratusan Rumah Tak Layak Huni di Gunungkidul Dapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

  • Bagikan
Peresmian RTLH Oleh Bupati
Peresmian RTLH Oleh Bupati

Paliyan, (kupass.com)–Ratusam Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Gunungkidul mendapatkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Selain bersumber dari dana pemerintah dan Corporate Social Responsibillity (CSR), program rehabilitasi RTLH ini juga menggunakan swadaya masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Dirjen Perumahan, KemenPUPR, Mochamad Mulya Permana. Dia membeberkan bahwa ada sebanyaK 277 RTLH di Gunungkidul menerima bantuan rehabilitasi pada 2021. Program bantuan ini merupakan hasil koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah DIY, dan Pemerintah Pusat.

“Sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, APBD Provinsi, Aanggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), CSR dan swadaya masyarakat,”katanya, Selasa (21/12/2021).

Dia menambahkan bahwa, warga penerima bantuan rehabilitasi RTLH ini harus memenuhi kriteria yang telah ditemukan. Kriteria tersebut yaknk kondisi struktur, sanitasi, material hingga status kepemilikannya.

Baca Juga:  Icon Patung Orang Ngendang Bundaran Siyono Bakal Diganti, Pemda Anggarkan Dana 9 Miliar

“Bersifat stimulan bantuannya yakni setiap unit rumah menghabiskan dana sekitar Rp 45 juta. Saat ini sudah ada 271 rumah yang selesai diperbaiki, sementara 6 lainnya masih proses penyelesaian,”ucapnya.

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta menjelaskan bahwa Pemda akan terus berupaya mengalokasikan anggaran untuk perbaikan RTLH bagi warga masyarakat. Dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat disebutnya masih diharapkan

“Kami berharap penerima bisa menempati rumah yang sudah diperbaiki dengan nyaman dan dapat dimanfaatkan dengan baik,”kata Sunaryanta saat meresmikan RTLH di Kapanewon Paliyan.

Di kesempatan yang sama
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko merinci bahwa total ada 1.360 unit RTLH jadi sasaran penerima bantuan perbaikan hingga bagian dari program BSPS di tahun ini.

“591 unit perbaikan RTLH sudah terlaksana lewat APBD Gunungkidul 2021, sedangkan 277 unit jadi penerima program BSPS,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.