Pemda Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk Perbaikan Talud Ambrol di Pantai Baron

Wonosari, (kupass.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bakal melakukan perbaikan tanggul yang ambrol di kawasan pantai Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Dana sebanyak Rp 200 juta telah dianggarkan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) untuk perbaikan tanggul yang ambrol dihantam ombak.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul Wahid Supriyadi bahwa pihak dinas akan melakukan penunjukan ke penyedia jasa usai proses anggaran di BKAD telah selesai.

“Anggaran ini diperuntukkan membangun tanggul dan renovasi tempat pelelangan ikan (TPI),”terangnya.

Menurut Wahid, pembangunan tanggul terdebut memanfaatkan puing-puing tanggul yang sudah ambrol. Material yang terkena ombak bakal dikembalikan seperti posisi semula namun dibuat lebih kuat.

“Panjangnya akan diperbaiki sekitar 20 meter, sementara itu untuk TPI juga diperbaiki,”kata dia.

Menurutnya hal ini dilakukan atas pertimbangan keterbatasan dana untuk perbaikan tanggul. Meskipun kenyataannya kondisi tanggul sepenuhnya sudah dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Menurutnya luasan yang terkena abrasi air laut sudah melebar ke barat dekat dengan pos SARM

“Biayanya sangat besar sekali, Tentunya untuk rehabilitasi secara keseluruhan diperlukan assessment untuk mengkajinya lebih dalam. Yang kami lakukan saat ini tanggul sementara merupakan rapid assessment (tindakan cepat), agar operasional didekat tanggul bisa berjalan kembali, salah satunya untuk lalu lintas kapal,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *