Pembangunan Inovasi Daerah, Pemda Gunungkidul Gelar Seminar Kerjasama Dengan BRIN

Seminar Pemda Dan BRIN
Seminar Pemda Dan BRIN

Wonosari, (kupass.com)–Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kabupaten Gunungkidul mengadakan seminar hasil kerjasama penelitian riset dan pengembangan dalam mendukung pembagunan daerah Berkelanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan besinergi dengan Pusat Riset Teknologi dan Pangan (BRIN), Universitas Gunungkidul dan Universitas Tidar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kabupaten Gunungkidul, Saptoyo mengatakan bahwa, sinergitas ini merupakan Sinergitas Pentahelix yang dibentuk oleh Bapedda, Pusat Riset Teknologi dan Pangan BRIN, Universitas Gunungkidul, dan Universitas serta nantinya juga akan bersama dengan UMKM Gunungkidul.

“Hasil penelitian ini nantinya harus direalisasikan untuk perkembangan dan inovasi daerah,”terang Saptoyo di Ruang Rapat Bima lantai 2 Pusat Riset Teknologi dan Pangan BRIN, Rabu (26/10/2022).

Dalam melakukan riset ini juga mengalami kendala salah satunya kuranganya publikasi, proses Diseminasi dan perkembangan IPTEK kurang berjalan dan diaplikasikan kepada masyarakat karena kurangnya mengenai Informasi tersebut.

“Harapannya nanti jika diaplikasikan ke masyarakat dapat menjadi Nilai tambah masyarakat dan nilai tambah usaha yang berdaya guna,”imbunnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono berharap riset ini kedepan dapat menjadi perkembangan dalam hal potensi yang ada di Gunungkidul dengan demikian dapat terserap dengan maksimal.

“Untuk hasil riset yang diseminarkan sendiri salah satunya adalah Diseminasi Kegiatan Riset upaya Peningkatan Gastrotourism Pangan Berbasis Olahan Belalang Kayu (Valaga nigricornis burn). Potensi kuliner khas Gunungkidul yakni Belalang menjadi bahan pokok yang dijadikan riset, belalang diolah menjadi snackbar,”kata Drajad.

Kepala Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Satriyo Krido Wahono pun menyambut baik kerjasama tersebut. BRIN disebutnya siap membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul dalam melaksanakan riset dan pengembangan.

” Apabila Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul ingin membuat riset kami selalu siap membantu mewujudkannya. Mengingat potensi di Gunungkidul ini cukup besar dan banyak yang dapat dikembangan dan ditingkatkan,”pungkas Satriyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *