Panen Sistem Sabuk Gunung, Bukit Teletubbies Hasilkan Puluhan Juta Per Hektar

  • Bagikan
Panen Raya Budidaya Tanaman Jagung Sistem Sabuk Gunung Di Monggol Saptosari
Panen Raya Budidaya Tanaman Jagung Sistem Sabuk Gunung Di Monggol Saptosari

Saptosari, (kupass.com) — Bukit Teletubbies Hasilkan Puluhan Juta Per Hektar; Tak mau kalah dengan Panen Raya di Purwosari, di Saptosari juga Sukses besar. Kelompok Tani Sido Makmur yang berada di Padukuhan Bulurejo, Kalurahan Monggol, Kapanewon Saptosari berhasil melakukan panen jagung dengan hasil puluhan juta per hektar. Jagung jenis varietas Visi 2 itu dibudidayakan dengan cara sistem sabuk gunung di bukit Teletubbies yang mempunyai luas 25 hektar.

Wakil Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Syam Arjayanti mengatakan bahwa, kelompok tani (Poktan) Sido Makmur diharapkan dapat menekan kehilangan hasil panen dengan lebih memperhatikan penanganan jagung pada saat memakai corn sheller. Poktan yang mempunyai potensi lahan seluas 68 hektar ini berhasil mencetak angka provitas jagung 7,77 ton per hektar pipil kering.

Ketika sudah suskes panen, hati2 menjaga Hasil Panennya. Jangan sampai teledor dan justru Gudangnya Terbakar karena tidak waspada dengan Perapiannya dan Lupa tidak dimatikan ketika Istirahat seperti kejadian Gudang Jagung Terbakar tersebut.

“Apabila harga per kilo Rp.4.600 petani bisa mengantongi 35 juta per hektarnya. Kami mengapresiasi kelompok yang telah berhasil membudidayakan jagung dengan provitas di atas rata-rata nasional. Masyarakat harus ikut serta melestarikan hutan dengan program sabuk gunung,”

Katanya dalam acara panen raya Jagung pada Kamis (10/02/2022) kemarin.

Baca Juga:  Pengurus KBIHU Dikukuhkan, Motivasi Jamaah Untuk Berangkat Haji

Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang berkesempatan hadir dalam acara panen raya itu menyampaikan menyambut aspirasi poktan tentang masih perlunya bantuan Alsintan (Alat Mesin Pertanian). Alsintan ini diperlukan untuk mendukung program pertanian di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

“Kami mengharapkan warga tani untuk segera mengidentifikasi kebutuhannya agar dapat dikomunikasikan dengan pihak terkait”

Kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.