Kerjasama Dengan BKKBN, Vaksinasi “Sak Omah” Libatkan Para Bidan

  • Bagikan
IMG 20210909 084609
IMG 20210909 084609

Karangmojo, (kupass.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengejar target percepatan vaksinasi masal. Kali ini Pemkab bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY.

Menyasar “Sak Omah” warga masyarakat lingkup keluarga, pada Kamis (09/09/2021) vaksinasi masal dilaksanakan dibeberapa lokasi seperti Kapanewon Patuk, Playen, Nglipar, Karangmojo dan Semanu.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta berujar vaksinasi yang bekerjasama dengan BKKBN ini juga melibatkan Ikatan Bidan Indonesia, Bidan Mandiri dan Gugus Tugas Covid-19 tingkat Kapanewon hingga Kalurahan.

“Percepatan capaian kekebalan kelompok 70 persen menyasar lingkup keluarga,” kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta ditemui saat meninjau langsung pencanangan vaksinasi masal di Padukuhan Ngagel, Kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo.

Bersama TNI Polri, Pemerintah menyiapkan sebanyak 1.700 dosis jenis Sinovac dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Sistem model vaksinasi gotong – royong ini bakal dikembangkan untuk mempercepat capaian kekebalan kelompok atau komunal.

Baca Juga:  BIN Bantu Vaksinasi Pondok Pesantren di Gunungkidul, Sasar Ratusan Santri Darul Qur'an

“Diharapkan seluruh anggota sudah tervaksin. Sebagai penguatan mencapai kekebalan kelompok karena banyak pasangan usia subur yang ikut, satu keluarga penuh dan sebagian dari keluarga yang memang belum divaksin,”terangnya.

Dikesempatan yang sama Sekretaris BKKBN DIY Novitrisia membeberkan, sasaran vaksinasi “sak omah” ini adalah bagaimana seluruh anggota keluarga dalam satu rumah ini mendapatkan vaksin. Langkah ini disebut Novitrisia sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pencapaian target kekebalan kelompok.

“Selain itu upaya ini sebagai pencegahan maupun menanggulangi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *