Kejar Target Vaksinasi, Tim Sasar Sisir Datangi Saptosari

  • Bagikan
Sasar Sisir Vaksinasi
Sasar Sisir Vaksinasi

Saptosari, (kupass.com)–Kolaborasi Badan Intelejen Negara (BIN) DIY bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melaksanakan kegiatan vaksinasi masal di Kapanewon Saptosari. Kali ini Tim “Sasar Sisir vaksinasi kolaborasi ini mentargetkan sebanyak 500 sampai dengan 1000 sasaran warga. Di wilayah Saptosari sendiri diketahui capaian vaksinasinya di bawah angka 70 persen.

“Hari ketiga dari ‘Pekan Sasar Sisir Warga Belum Vaksin’ yang digagas Tim Mobile Vaksin BIN bersama Dinkes ini, mentarget sama untuk kapanewon Saptosari. 500 sampai dengan 1000 rang”, kata perwakilan BIN DIY di Gunungkidul Eko Susilo (15/12/2021).

Seperti halnya di kapanewon Patuk sebelumnya, “Tim Sasar Sisir” tidak hanya mendekat ke titik mobilisasi, namun juga mengerahkan armada Bus untuk menjemput warga terjauh ke titik vaksinasi terdekat.

“Beberapa kali sudah kami komunikasikan ke Panewu dan Puskesmas Saptosari, sisir warga mana yang belum vaksin kita kumpulkan ke titik terdekat. Jika masih kurang maksimal, kerahkan bus untuk menjemput,”imbuhnya.

Berbekal pengalaman sukses di Purwosari yang sebelumnya urutan 2 terendah, dengan mobilisasi jejaring kader tingkat kalurahan, juga armada armada seadanya, Purwosari kini sudah tertinggi capaian vaksinasinya.

Baca Juga:  Nyalip Dua Kendaraan Bermotor Hingga Tertabrak Mobil, Bocah Dibawah Umur Meninggal Dunia

“Pengalaman mobilisasi di Purwosari, kami coba terapkan di Saptosari. Panewu ambil tongkat komando, para lurah gerakkan kader, dan didukung Babin serta Bhabinkamtibmas, Bismillah Saptosari bisa,”pungkasnya.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, di tengah melambatnya capaian vaksinasi di Gunungkidul, terdapat 6 kapanewon yang masih kesulitan menembus angka 70 persen. Ke enam kapanewon tersebut adalah Patuk, Saptosari, Semin, Karangmojo, Tepus, dan Semanu. Setelah Patuk dan Saptosari, nantinya “Tim Sasar Sisir” BIN dan Dinkes masih akan menyasar wilayah wilayah rendah capaian vaksinnya tersebut.

Sementara itu Panewu Saptosari Akirno mengatakan, laporan hasil vaksinasi dosis pertama yang diselenggarakan oleh BIN dan Dinkes di GOR Kepek, Saptosari, dihadiri ratusan orang. “Sasaran vaksin 7 Kalurahan kurang lebih 500 sasaran yang hadir 138 orang, dan tervaksin 133 orang, dan yang tertunda sebab lain 5 orang,” kata Akirno

Sosilasisasi sudah dilakukan dari Kalurahan, tetapi diakuinya karena hari ini bersamaan vaksinasi di Kalurahan, sehingga banyak yang tidak datang ke GOR Kepek. “Kami ucapkan banyak terimakasih untuk penyelenggara,”terangnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.