Gunungkidul Terima Dana Desa Ratusan Milyar Tahun Depan, Jumlah Menurun Lantaran Untuk Pemulihan Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi Dana Desa
Ilustrasi Dana Desa

Wonosari,(kupass.com)–Jumlah Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Gunungkidul tahun depan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena anggaran senilai miliaran tersebut dipergunakan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Subiyantoro bahwa, secara keseluruhan Pemda Gunungkidul bakal mendapatkan kucuran Dana Desa tahun 2022 mendatang sejumlah Rp 144.366.117.000.

Namun demikian untuk perinciannya, Subiantoro mengaku
masih menunggu terkait dengan berapa besaran di masing-masing Kalurahan yang ada di Gunungkidul.

“Mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021 ini yakni sebesar 144.614.409.000,”katanya.

Menurut, Subi sapaan akrabnya
sesuai dengan Permendesa bahwa
penggunaan Dana Desa masih fokus untuk penanganan Covid-19. Selain dipergunakan untuk peningkatan Bada Usaha Milik Desa (BUMDES), Dana Desa juga bakal digunakan untuk kegiatan pemulihan ekonomi.

Baca Juga:  Pengurus KBIHU Dikukuhkan, Motivasi Jamaah Untuk Berangkat Haji

“Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga masih dilakukan pada tahun 2022 nanti. Selain itu Dana Desa juga dipergunakan untuk penanganan pencegahan stunting,”imbuhnya.

Hingga bulan Oktober lalu, serapan anggaran Dana Desa di Kabupaten Gunungkidul mencapai Rp 136.589.500.000 atau 81 persen. Dia meyakini bahwa pada akhir tahun nanti setiap program kegiatan akan diselesaikan sesuai waktu yang sudah ditentukan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *