Getol Sering Kritisi Bupati, Fraksi PAN Kini Dukung Pembentukan Dua Dinas Baru

  • Bagikan
Images
Images

Wonosari, (kupass.com)–Sering memberikan kritik pedas, Fraksi PAN DPRD Gunungkidul mendukung penuh pembentukan dua dinas baru yang diusulkan oleh Bupati Sunaryanta. Wacana dua Dinas baru yang diusulkan Bupati itu adalah Dinas Peternakan dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Terkait wacana tersebut, kami (Fraksi PAN) sangat mendukung dengan berbagai alasan dan pertimbangan. Soal Pemuda dan Olahraga, kami memandang peran dan fungsi pemuda sangat strategis perlu mendapat penanganan yang lebih fokus oleh Dinas tersendiri. Dengan demikian potensi pemuda, kesadarannya, pemberdayaannya dan pengembangannya terbangun secara baik,”ujar Anggota Fraksi PAN DPRD Gunungkidul Bambang Suprianto, Rabu (07/07/2021).

Menurutnya, pemuda identik dengan manusia dengan ide kreatif, jiwa semangat besar, dinamis dan terdidik. Sehingga dengan demikian diharapkan mampu menjadi pilar pembangunan daerah. Bambang merinci jumlah pemuda di Gunungkidul sebanyak 20,72% dari jumlah penduduk atau setara 160.510 orang. Dengan ditanganinya urusan Olahraga oleh Dinas tersendiri diharapkan pembinaan dan pengembangan olahraga dapat menjamin pemerataan akses olahraga, peningkatan kesehatan dan kebugaran, peningkatan prestasi dan managemen keolahragaan.

“Disamping itu, 3 ruang lingkup olahraga baik pendidikan, rekreasi dan prestasi dapat ditangani dengan lebih baik,”katanya.

Menurut Anggota dewan dari Dapil IV ini, Dinas tersendiri yang mengurusi Urusan Pemuda dan urusan Olahraga sebagaimana amanat UU 40/2009 tentang Kepemudaan dan UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dinas baru ini disebutnya harus menempatkan pemuda sebagai subyek pembangunan daerah dan pilar penting pembangunan di Gunungkidul.

Baca Juga:  Perjalanan Bupati Dan Wakil Bupati Gunungkidul Diabadikan Dalam Buku Memoar

“Kami berharap Dinas baru juga harus mampu mencetak pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri dan profesional,”terangnya.

Lanjut Bambang mengomentari pembentukan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, pengembangan potensi peternakan yang ada di Gunungkidul mendapat akselerasi yang memadai. Hal ini dilihat dari sisi produksi maupun kualitas kesehatan hewannya.

“Dengan demikian Gunungkidul mampu mempertahankan dan meningkatkan predikat sebagai Gudang Ternak DIY,”terangnya.

Terpisah, Anggota DPRD Gunungkidul Eri Agustin berujar,
dengan banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dapat memperingan kinerja Bupati Gunungkidul. Khususnya penambahan dua Dinas baru yakni Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Peternakan dan Kesehatam Hewan. Politikus perempuan dari Partai Golkar ini berpendapat, penambahan OPD akan membuat pekerjaan lebih cepat.

“Ibaratnya gugur gunung pekerjaan digarap berlima dengan digarap berdelapan akan lebih cepat mana?. Soal anggaran, ini harus ada tantangannya, bagaimana kinerja terutama inovasi terutama OPD sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) mampu memaksimalkan kinerja,”terangnya.

Diketahui dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu, Pemda Gunungkidul mengusulkan Perubahan Kelembagaan Perangkat Daerah sebagaimana telah diatur dalam Perda nomer 7 tahun 2016. Dalam draf Raperda Perubahan Perda nomer 7 tahun 2016, diantaranya ada
Wacana pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga dengan tipe B dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan tipe A.
Urusan Pemuda dan Olahraga dipisah dari urusan Pendidikan, sedang urusan Peternakan dipisah dari urusan Pertanian.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *