Gencarkan di Musim Liburan, Vaksinasi Sasar Sisir Kombinasikan Anak dan Orang Dewasa

  • Bagikan
Vaksinasi Kombinasi
Vaksinasi Kombinasi

Gunungkidul, (kupass.com)–
Instruksi Presiden Joko Widodo untuk percepatan vaksinasi anak usia 6 – 11 di akhir tahun saat ini terkendala dengan adanya musim libur sekolah. Selain itu, kondisi anak juga terhambat oleh jeda waktu karena baru saja menjadi sasaran Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Perwakilan BIN DIY di Gunungkidul, Eko Susilo menyebut hal ini adanya kendala tersebut tak membuat kegiatan vaksinasi mandek. Tim Sasar Sisir terus menggencarkan vaksinasi masal dengan strategi penyisiran.

“Tim “Sasar Sisir Vaksin BIN” menjaring sasaran para orang tua yang belum vaksin, bersama anaknya untuk dilakukan vaksinasi.
Kami hampir kehilangan cara dalam percepatan vaksinasi anak usia 6 – 11 di akhir tahun ini. Satu sisi anak sekolah sedang dalam musim liburan. Di sisi yang lain, mereka baru saja menjadi sasaran BIAS”, terang Eko saat menggelar vaksinasi di Wonosari (29/12/2021).

Namun karena vaksinasi harus tetap jalan, lanjut Eko, maka penyisiran dilakukan terhadap para orang tua yang belum vaksin untuk mengajak anaknya untuk vaksin baik dosis 1 maupun lanjutan.

“Alhamdulillah dengan cara itu, hari ini vaksinasi bisa berjalan dengan kombinasi kedua sasaran tersebut,”imbuhnya.

Dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan Puskesmas, hari ini Tim Mobile Vaksin BIN melanjutkan program “Sasar Sisir Vaksin” di dua tempat, yaitu kalurahan Piyaman kapanewon Wonosari dan Mranggen Semanu.

Baca Juga:  Lapas Perempuan Kelas II B Yogyakarta Diresmikan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham

“Karena semakin terbatasnya waktu, hari ini vaksinasi anak dan orang tua yang belum vaksin, dilakukan di dua lokasi, satu di sini (Piyaman Wonosari,) sekitar 600 lebih sasaran dan satunya di Semanu dengan target 200 lebih,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang secara Nasional dimulai tanggal 14 Desember 2021 dan Kick Off di Kabupaten Gunungkidl ditetapkan tanggal 18 Desember, sesuai kesepakatan Dinkes dengan para Puskesmas, baru akan dimassifkan awal tahun 2022. Namun guna mengejar kekebalan anak dan orang tua jelang Tahun Baru, Tim Mobil Vaksin BIN tidak ingin menundanya, meski harus dengan berbagai cara.

Sesuai data Dinas Kesehatan kabupaten Gunungkidul, vaksinasi anak usia 6-11 di Gunungkidul memiliki kuota sasaran 56.856 orang. Saat ini pemberian vaksin Dosis 1 baru mencapai 2.481 atau 4.38 persen. Oleh karenanya dengan penyisiran anak yang siap divaksin, diharapkan mampu menekan resiko keterpaparan anak saat berlangsung musim libur Nataru. Terlebih Gunungkidul menjadi salah satu destinasi favorit saat ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *