Gelontorkan Dana Miliyaran Rupiah, Pemda Fokus Selesaikan Masalah Sampah di Gunungkidul

Peresmian Septik Individu Oleh Bupati
Peresmian Septik Individu Oleh Bupati

Patuk, (kupass.com)–Pemerintah Daerah (Pemda) Gunungkidul fokus menggelontorkan dana pembangunan infrastruktur di Kalurahan pada tahun 2023-2024. Salah satu pembangunan tersebut berupa Tangki Septik Individu, IPAL Komunal dan TPS-3R DAK Bidang Sanitasi di TPS-3 Kapanewon Patuk yang diresmikan oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta pada Rabu (23/11/2022).

“Kita akan berfokus pada infrastruktuf, salah satunya pengolahan sampah ini seharusnya disetiap Kapanewon itu memiliki satu pengolahan,”terang Bupati Sunaryanta.

Kedepan masalah sampah ini disebutnya akan semakin besar khususnya terkait potensi pariwisata yang akan banyak menimbulkan sampah.

“Sampah tersebut disebabkan dari banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi wisata,”terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Irawan Jatmiko menerangkan bahwa Dinas pihaknya sudah membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS3R), IPAL Komunal, dan Tangki septik Individu dibeberapa titik di Kalurahan.

“Alokasi biaya untuk pembangunan Sanitasi ini sendiri mencapai Rp 5 miliar,”terang Irawan.

Sementara itu untuk biaya pembangunan TPS3R mencapai Rp 2,165 miliar dengan rincian 5 Kalurahan. Di setiap titik Kalurahan mendapatkan anggaran sebesar Rp 433 juta.
Menurutnya pembangunan IPAL Komunal dibangun diempat Kalurahan total biaya Rp 1,8 miliar dengan rincian Rp 450 juta setiap Kaluraharan.

“Untuk pembangunan Tangkiseptik Individu menelan biaya Rp 1,375 miliar dilima Kalurahan dengan biaya disetiap kelurahan yaitu Rp 275 juta,”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *