Digelontor Anggaran Ratusan Juta, Jalan Sindon – Plebengan Kembali Mulus

  • Bagikan
Pengecekan Lokasi Rehabilitasi Oleh DPUPRKP
Pengecekan Lokasi Rehabilitasi Oleh DPUPRKP

Semanu, (kupass.com)–Warga masyarakat Padukuhan Plebengan Lor, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu mengapresiasi program kegiatan rehabilitasi jalan Sindon – Plebengan. Jalan yang semula rusak parah itu kembali mulus setelah Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul menggelontorkan dana ratusan juta rupiah untuk memperbaikinya.

Perbaikan jalan berstatus Kabupaten itu memang dinantikan warga masyarakat sejak beberapa tahun lalu. Pasalnya lokasi jalan strategis tersebut dimanfaatkan warga yang berada di 7 Padukuhan Kalurahan Candirejo dan 4 Padukuhan Kalurahan Dadapayu Kapanewon Semanu.

Dukuh Plebengan Lor Satino mengaku bahwa jalan Sindon – Plebengan ini merupakan jalur wisata dan ekonomi yang sangat vital bagi dampak perekonomian warga. Selain itu, jalan ini disebutnya merupakan jalur alternatif menuju Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus.

“Proyek berdampak kepada warga masyarakat luas dan pekerjaannya juga bagus. Kami berharap tahun depan ada tindak lanjut rehab lagi di lokasi yang masih mengalami kerusakan,”kata Satino mewakili warga masyarakat, Selasa (07/12/2021).

Baca Juga:  Jelang Pencoblosan, KNPI Ajak Pemuda Gunungkidul Kawal Proses Demokrasi

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga DPUPRKP Wadiyana menjelaskan, rehabilitasi jalan Sindon – Plebengan ini menelan dana sebanyak Rp 100 juta. Pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2021 ini, Dinas merehab jalan Kabupaten sejumlah 6 titik.

“Lokasi lain yakni jalan Nangsri – Karangasem dengan anggaran Rp 200 juta, Playen – Plembutan Rp 200 juta, Banyusoca – Kedungwanglu Rp 150 juta dan Pringombo – Karangawen Rp 150 juta,”terangnya.

Lebih lanjut Wadiyana memastikan kegiatan rehabilitasi ini sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Dia mewanti – wanti agar pihak rekanan mengikuti petunjuk teknis (juknis) pengerjaan proyek yang sesuai dokumen kontrak.

“Kami sengaja melakukan pengecekan ke semua lokasi pengerjaan dan hasilnya memang bagus,”katanya ditemui di lokasi pengerjaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *