Diberangkatkan Ke Tanah Suci Mekkah, Bupati Lepas Ratusan Calon Jamaah Haji dari Gunungkidul

  • Bagikan
Pelepasan Calon Jamaah Haji
Pelepasan Calon Jamaah Haji

Wonosari, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta melepas ratusan calon jamaah haji dari Kabupaten Gunungkidul, Jumat (17/06/2022). Mereka akan kembali ke tanah air diperkirakan satu bulan kemudian yakni pada pertengahan bulan Juli 2022.

Ratusan calon jamaah haji ini dilepas dari komplek masjid Al Ikhalas Wonosari menuju Asrama Haji Donohudan di Kota Solo, Jawa Tengah. Sebelum bertolak ke Arab Saudi, para calon haji dengan 5 armada bus itu akan mendapatkan pendampingan terlebih dahulu.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Gunungkidul, Sa’ban Nuroni. Dia mengatakan bahwa total terdapat sebanyak 184 calon jemaah haji yang terdiri dari 182 asal Gunungkidul dan 2 orang mutasi masuk dari Pekalongan, Jawa Tengah. Menurutnya sebelum diberangkatkan, seluruh calon jemaah haji diwajibkan melakukan pemeriksaan PCR Covid-19.

“Seluruh hasilnya negatif sehingga bisa diberangkatkan secara penuh,”kata Sa’ban.

Seluruh calon jemaah haji Gunungkidul pun sebelumnya sudah menerima dosis penuh vaksin Covid-19. Vaksinasi sudah dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan.

Baca Juga:  Kejari Gunungkidul Musnahkan Barang Bukti Berbagai Perkara Pidana, Salah Satunya Terkait Kasus Aborsi

“Keberangkatan langsung ke Tanah Suci dijadwalkan pada Sabtu (18/06/2022) dari Embarkasi Solo,” ujarnya.

Koordinator Bagian Kopor, Panita Haji Gunungkidul 2022 Choiruddin, mengungkapkan bahwa ada 2 calon haji asal Gunungkidul yang diberangkatkan duluan. Sehingga total yang diberangkatkan menjadi 186.

Adapun pihaknya juga menyediakan satu petugas yang akan mendampingi selama Ibadah Haji dilakukan. Termasuk sejumlah petugas yang mendampingi para calon haji hingga keberangkatan besok.

“Biasanya Ibadah Haji berlangsung sekitar 30 hari, jadi kemungkinan akan kembali sekitar Juli nanti,” ujar Choiruddin.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang hadir dalam kesempatan ini berpesan bahwa yang hendak menunaikan Ibadah Haji tahun ini agar selalu menjaga kondisi kesehatan selama berada di Mekkah. Bupati juga mendoakan agar Ibadah Haji tahun ini bisa berlangsung lancar. Para calon jemaah haji Gunungkidul pun diharapkan nantinya bisa kembali ke Tanah Air dengan kondisi sehat.

“Semoga seluruhnya menjadi Haji yang mabrur dan bermanfaat,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.