Dapat Bantuan Dari Belanda, Kanigoro Punya Gedung Kesenian Anyar

Peresmian Gedung Di Kanigoro
Peresmian Gedung Di Kanigoro

Saptosari, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta meresmikan gedung kesenian di Kalurahan Kanigoro Saptosari, Rabu (21/09/2022). Tempat yang digagas sebagai pusat perkembangan seni ini merupakan gedung bantuan dari Janvink Stichting, Belanda.

Lurah Kanigoro Suroso mengungkapkan, bantuan tersebut diajukan masyarakat sejak dua tahun lalu melalui kelompok Kawan Sejalan Yogyakarta. Namun lantaran adanya pandemi Covid-19 bantuan baru terlaksana pembangunanya tahun ini.

“Semoga bisa menjadi tempat yang bermanfaat bagi perkembangan seni di Gunungkidul khususnya di kalurahan kami,” paparnya.

Di kesempatan yang sama perwakilan Kawan Sejalan Raja Saharudin mengatakaan, pembangunan gedung kesenian di Kalurahan Kanigiro ini merupakan proposal dari kelompok seni Ngudi Laras. Pihaknya berharap dengan adanya gedung kesenian minat anak muda sebagai regenerasi akan tumbuh.

“Waktu itu kita break sebentar karena keadaan pandemi Covid-19. Setelah menunggu 2 tahun mungkin proyek ini dapat berjalan lagi dan alhamdulillah hari ini kita sama-sama bisa menghadiri acara peresmian Gedung Kesenian Budi Laras Kanigoro,”jelasnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Sunaryanta berujar bahwa sebagai bagian dari masyarakat dunia harus bisa berkomunikasi dengan negara-negara lain tak terkecuali Belanda yang dulu pernah menjajah Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu semua dapat berubah.

“Tetapi saat sekarang 77 tahun setelah itu, Belanda kemudian menjadi kawan dan menjadi sahabat bagi bangsa negara Indonesia. Saya ucapkan terimakasih, semoga kerjasama yang baik ini tidak putus sampai disini. Untuk masyarakat tolong dijaga aset ini sebagai pusat perkembangan kesenian,” katanya. (Jarwanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.