InShot 20210314 101410382

Bantu Ngurus BPJS ke Dinsos, Anggota Dewan Temukan Data Warga Terduplikasi

Wonosari, (kupass.com)–salah satu Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul Hudi Sutamto mempertanyakan keamanan data kependudukan salah satu warga Kabupaten Gunungkidul yang diketahui terduplikasi.

Adanya temuan tersebut diketahui saat dirinya membantu Wardiyo warga Padukuhan Gesing II, Kalurahan Purwodadi, Kepanewon Tepus ketika mengurus BPJS ke Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul.

Politikus PKS tersebut merasa heran kenapa hal tersebut bisa terjadi. Bahkan dari informasi yang dia dapatkan, data kependudukan salah satu warga itu telah terduplikasi dengan orang lain di luar pulau Jawa.

“Berawal adanya warga yang sakit dan BPJS nya tidak aktif. Saya uruskan bersama pak Dukuh pada 26 Februari lalu ke Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, ternyata ditemukan duplikasi data,”ujar Hudi Sutamto, Minggu (14/03/2021).

Baca Juga:  Maling HP, Pemuda Ngipak Ditangkap Polisi

Di hari yang lain, Hudi juga mendapatkan keluhan dan aduan dari warga masyarakat terkait kasus serupa. Yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP telah terdaftar di wilayah lain ketika ingin mengurus BPJS Kesehatan. Atas informasi dan keluhan dari warga yang disampaikan masyarakat kepadanya sebagai Wakil Rakyat, Hudi mempertanyakan permaslahan ini bisa muncul.

“Untuk datanya memang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul. Tetapi mengapa hal ini bisa terjadi, kasihan warga masyarakat yang ingin mengurus BPJS yang urgent, namun terkendala permasalahan ini,”terangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *