Allah Pasti Menolong Kita

Allah Pasti Menolong Kita

Setiap orang pasti pernah berada pada titik terendah dalam hidupnya. Frustasi dan ingin menyerah sering hadir di benak kita. Merasa tidak mampu melewati setiap ujian yang Allah berikan kepada kita. Namun ternyata, meski dengan tertatih kita mampu melewati masa sulit tersebut. Hari berlalu, namun  ujian belum berakhir sampai di situ. Allah kembali menguji kita dengan ujian yang lebih berat lagi.

Perasaan ingin menyerah kembali hadir. Lagi dan lagi kita mampu melewati itu semua dengan baik. Begitulah cara Allah mengangkat derajat manusia. Tidak ada satupun kejadian di bumi ini tanpa seizin Allah. Tidak hanya memberikan ujian, namun Allah juga telah menyiapkan solusi terbaik. Sebab Allah berikan ujian untuk melihat seberapa besar rasa percaya seorang hamba kepada Allah.

Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti akan diberi ujian. Meskipun bentuk dan kadarnya berbeda-beda. Namun Allah tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuannya. Seperti yang disebutkan dalam QS Al-Baqarah ayat 286 ;

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya….”

Ada banyak bentuk ujian, bisa berapa harta, anak, pasangan, jabatan, dan lain sebagainya. Semakin besar ujian tanda bahwa kemampuan kita juga tinggi. Sebab ujian yang Allah berikan adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita. Jika kita mampu melewati setiap ujian yang Allah berikan dengan baik, maka Allah menjanjikan surga sebagai balasannya.

Baca Juga:  Adab Bertetangga Dalam Agama Islam

Tidak ada satupun hamba yang mengaku beriman kepada Allah yang luput dari ujian. Allah memberikan ujian kepada manusia beriman sebagai bentuk cinta kepada hambaNya. Sebab dengan ujian tersebut biasanya manusia beriman akan semakin mendekatkan diri kepada Allah serta memohon perlindungan dan pertolongan.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkta, “Kapankah datang pertolongan Allah?’ ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat,” (QS Al Baqarah 214)

Maka dari itu, marilah kita tanamkan dalam hati kita keyakinan yang besar bahwa Allah pasti akan menolong kita.

Terus berserah dan mendekatkan diri hanya kepada Allah SWT.

Image by Pexels dan by Tri Le from Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *