IMG 20210610 WA0023

Punya Resep Bumbu Rahasia Turun Temurun, Rumah Makan Ini Jadi Tujuan Penikmat Kuliner Khas Gunungkidul

Wonosari, (kupass.com)–Selain mempunyai keindahan alam yang menjadi tujuan wisatawan, Kabupaten Gunungkidul juga terkenal akan kulinernya. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika berada di seputar kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul adalah Warung Makan Opor Ayam Kampung Kulwer.

Dengan resep bumbu rahasia masakan turun – temurun sejak tahun 1970 an, warung makan Kulon Tower (Kulwer) ini menjadi tujuan penikmat kuliner. Tak hanya warga lokal, bahkan warga luar daerah seperti Jawa Tengah dan Jakarta pun rela mencari rumah makan yang letaknya masuk gang ini.

Pengunjung Rumah Makan Opor Ayam Kampung Kulwer

Pengunjung Rumah Makan Opor Ayam Kampung Kulwer


Rumah makan Opor Ayam Kampung Kulwer terletak di Jalan Taman Bhakti, Gang Sindoro No 19, Kalurahan Jeruksari, Kapanewon Wonosari. Pemilik Rumah Makan Opor Ayam Kampung Kulwer menyajikan berbagai jenis menu.
Menu yang menjadi andalan Opor Kulwer yakni Ayam Kampung basah dan goreng. Selain itu terdapat menu lainnya seperti jaroan Sapi berupa Iso, Babat dan Paru.

Rasanya pun cukup unik dan memanjakan lidah bagi para pecinta kuliner. Cara memasak dengan kayu bakar dan memakan waktu yang cukup lama, membuat Opor Ayam Kampung menghasilkan cita rasa khas serta tekstur daging yang empuk.

Harga satu porsinya pun sangat murah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 35 ribu sudah mendapatkan menu komplit Opor Ayam Kampung, Sayur Lombok Ijo, Gudeg Godong Kates dan Spesial Oseng Tempe Bosok dengan nasi.

Pengunjung Rumah Makan Opor Ayam Kampung Kulwer

Pengunjung Rumah Makan Opor Ayam Kampung Kulwer


“Kami mulai buka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB. Namun biasanya sampai siang saja sudah habis,”kata pemilik warung makan Opor Ayam Kampung Kulwer Yatno, Kamis (10/06/2021).

Baca Juga:  Ketinggian Gelombang Laut 13 Kaki, Nelayan Pilih Menepikan Kapalnya

Pria yang juga berprofesi sebagai anggota Polisi berdinas di Polres Gunungkidul itu mengatakan, dalam sehari dia dapat menghabiskan sebanyak 50 ekor Ayam Kampung. Selain menggunakan bumbu rahasia yang turun temurun, cara kami memasak dengan kayu bakar dilakukannya untuk untuk menjaga kualitas rasa.

“Selain dijamin halal, kami memang selalu menjaga kualitas masakan kami dan tidak kalah dengan masakan ayam kampung dari luar daerah. Banyak pelanggan dan pecinta kuliner dari luar kota seperti Semarang, Jakarta datang ke Gunungkidul untuk mengicipi masakan kami,”terangnya.

Menurut Yatno, pihaknya juga melayani pesanan baik partai besar dan partai kecil menggunakan box maupun konsep ayam kampung ingkung. Rumah makan opor ayam kampung Kulwer juga menyediakan tempat rapat maupun arisan.

“Tak perlu khawatir, kami menyediakan lokasi yang luas dengan protokol kesehatan (prokes) ketat saat pandemi. Untuk kegiatan pertemuan atau rapat bisa pesan booking terlebih dahulu dengan menghubungi nomor 087839528099,”kata Yatno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *