Es Tape Piyaman Mbak Rika, Lezatnya Terasa Sampai Besok

Wonosari (kupass.com). Es Tape Piyaman Mbak Rika adalah salah satu Kuliner Khas Gunungkidul. Mbak Rika adalah Putri dari Legenda Es Tape Piyaman Bapak Daryanto. Siapa yang tidak suka es tape? Jika ada yang tidak suka, mungkin harus mencoba es tape yang satu ini, ya Es Tape Piyaman.

Es Tape Piyaman pertama kali dijual oleh Bapak Daryanto pada tahun 80’an. Awalnya dijual secara berkeliling, sampai akhirnya beliau memutuskan untuk berjualan di satu tempat tepatnya di Sisi Lapangan Piyaman, Wonosari.

Ada yang khas dari es tapi milik Daryanto ini, yaitu penyajiannya dengan roti khusus yang dipesan dari pabrik roti di Yogyakarta. Menikmati es tape yang segar dan legit dipadu dengan roti yang empuk tentu sebuah kenikmatan yang wajib dicoba.

Es Tape Piyaman Mbak Rika Penerus Legenda Es Tape Bapak Daryanto
Es Tape Piyaman Mbak Rika Penerus Legenda Es Tape Bapak Daryanto

Saat ini Es Tape Piyaman sudah membuka beberapa cabang, salah satunya di Gor Jeruksari. Sepeninggal Daryanto 2019 lalu, kini usaha ini dilanjutkan oleh putrinya Rika.

Es tape yang konon katanya paling enak se Gunungkidul ini bahan bakunya dipesan langsung kepada pengrajin tape di Putat, Patuk, Gunungkidul dan menggunakan gula asli tanpa pemanis buatan.

Rika bercerita bahwa usaha es nya sempat berhenti 3 tahun karena sang ayah sakit, kini Rika dan kakak perempuannya yang melanjutkan usaha ini. Dengan 2 outlet, es tape ini bisa terjual hampir 300 gelas setiap harinya.

“Ya setiap hari jualan, kami juga menerima pesanan untuk hajatan, resepsi pernikahan dan lain-lain, kalau untuk satu gelasnya sekarang Rp 3.500,- tambah rotinya Rp 1.500,- jadi satu porsinya itu Rp 5.000,- ” terang Rika.

Es tape milik Rika bisa dibilang legend, banyak pelanggan yang datang tidak hanya seputar Wonosari saja tetapi ada juga yang dari luar kota. Bahkan Rika bercerita kalau 1 gelas dan 1 roti saja tidak cukup, kadang 1 pelanggan bisa menghabiskan 2 gelas dengan 5 roti sekali makan.

Rika berharap usahanya akan terus berkembang, cuaca yang panas akhir-akhir ini tentu membawa berkah tersendiri bagi usaha es tape Rika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *