Klaim Capai Target, Gunungkidul Berada di Peringkat Empat Pada Gelaran Porda XVI

Playen, (kupass.com)–Kontingen Gunungkidul berada di posisi empat dalam ajang Porda ke XVI yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman. Diklaim mencapai target yang ditentukan, kontingen dari Gunungkidul berhasil meraih sebanyak 33 medali emas, 38 medali perak dan 93 medali perunggu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (Koni) Gunungkidul Jarot Budi Santoso. Ditengah keterbatasan anggaran dan sarana prasarana untuk latihan, atlet dari Gunungkidul yang mengikuti Porda XVI berhasil mencapai target yang sudah ditentukan.

“Kontingen peringkat ke 4, sebuah prestasi yang sudah ditunggu,”terang Jarot.

Dia merinci bahwa kontingen dari Gunungkidul mengikuti sejumlah 41 cabang olahraga (cabor) dengan jumlah 449 atlet, 75 pelatih dan 50 official. Dari cabor tersebut yang mendapatkan juara umum yakni Drumband dan Yongmoodo.

” Kedepan kami berharap pada Porda yang akan datang tahun 2025 mampu meningkatkan prestasi baik perolehan medali pun prestasinya,”kata Jarot.

Usai gelaran Porda XVI, Koni bakal melakukan evaluasi dengan melakukan pembinaan prestasi khususnya pada cabor yang mendapatkan medali. Sementara yang belum mendapatkan medali akan dilakukan persiapan baik atlet maupun pelatihnya.

“Harapan kami juga pada gelaran Porda yang akan datang Gunungkidul bisa berbenah karena menjadi tuan rumah. Khususnya persiapan sarana dan prasarananya,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Supriyanto mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Koni dan kontingen dari Gunungkidul. Meskipun diakui terdapat keterbatasan anggaran maupun sarpras untuk kegiatan latihan, namun perjuangan meraih prestasi peringkat empat disebutnya sangat luar biasa.

“Sebelum dimulai memang kita lakukan berbagai strategi termasuk tidak mengirimkan atlet yang tidak potensial. Tahun 2025 nanti kita lakukan inventarisasi persiapan venue dan kita dorong untuk lakukan perbaikan, selain itu kita manfaatkan semua cabor untuk bisa mengikuti Porda berikutnya,”imbuhnya.

Perolehan Medali Porda XVI DIY

1. Sleman : Emas 164, Perak 159, Perunggu 155, Total : 478
2. Bantul : Emas 135, Perak 138, Perunggu 166, Total : 439
3. Yogyakarta: Emas 129, Perak 111, Perunggu 126, Total : 366
4. Gunungkidul : Emas 33, Perak 38, Perunggu 93, Total : 164
5. Kulonprogo : Emas 31, Perak 46, Perunggu 91, Total : 168

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *