Jaga Sumber Mata Air, Komunitas Resan Tanam Ratusan Pohon di Gunung Batur Agung

  • Bagikan
IMG 20210222 WA0018
IMG 20210222 WA0018

Karangmojo, (kupass.com)–Komunitas Resan Gunungkidul getol melakukan gerakan konservasi alam dengan melakukan penanaman pohon. Seperti yang dilakukan di Gunung Batur Agung yang terletak di Kalurahan Gedangrejo, Kalurahan Karangmojo pada Minggu (21/02/2021). Kegiatan konservasi itu bertujuan untuk menjaga sumber mata air.

Ketua Komunitas Resan Gunungkidul Edi Supadmo mengatakan bahwa, kegiatan konservasi berupa penanaman ratusan pohon berbagai jenis pohon itu merupakan permintaan dari Karang Taruna setempat. Pihak Karang Taruna dan masyarakat setempat merasa kebingungan lantaran Gunung Batur Agung terdapat embung yang belum termanfaatkan secara maksimal.

“Embung di Gunung Batur Agung bocor, sejak pertama kali pembuatannya tidak dapat difungsikan,”ujar pria berambut gondrong tersebut, Senin (22/01/2021).

Baca Juga:  Warga Padukuhan Padem Menemukan Tetangganya Gantung Diri di Pohon Jati

Dia menambahkan, penanaman juga bertujuan untuk menjaga tangkapan air hujan bagi sumber mata air yang digunakan oleh warga masyarakat sekitar. Beberapa jenis bibit pohon yang ditanam oleh Komunitas Resan Gunungkidul antara lain yakni Beringin, Gayam dan Klumpit.

“Ada sekitar 50 orang yang aktif terlibat dalam kegiatan penanaman pohon termasuk Komunitas Resan, Karang Taruna dan masyarakat umum. Sumber mata air di Gunung Batur ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat di dua yakni Padukuhan Karangwetan Lor dan Wetan,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *