Gerakan Pipanisasi SMS, Ratusan KK di Kalurahan Pengkok Tak Akan Kesulitan Air Lagi

  • Bagikan
Gerakan Pipanisasi SMS Di Kalurahan Pengkok
Gerakan Pipanisasi SMS Di Kalurahan Pengkok

Patuk, (kupass.com)–Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk tidak akan mengalami kesulitan air lagi. Pasalnya wilayah tersebut mendapatkan program pipanisasi masal dari Sahabat Muslim Surakarta (SMS) pada Minggu (20/03/2022). Program tersebut kini terealisasi meskipun sebelumnya sempat mandeg lantaran terkendala biaya.

Koordinator Relawan Muslim Lokal Kalurahan Pengkok Cahyo Rokhman Effendi mengungkapkan, gerakan pipanisasi massal dari SMS ini membentang sepanjang 3 kilometer. Sementara itu pengerjaannya melibatkan sebanyak 300 relawan muslim Kota Surakarta Jawa Tengah dan dibantu relawan muslim Gunungkidul beserta warga lokal.

Gerakan Pipanisasi Di Kalurahan Pengkok
Gerakan Pipanisasi Di Kalurahan Pengkok

“Untuk sumber airnya diambilkan dari sumur bor yang berada di kompleks masjid Al Iman Puntuk yang mempunyai kedalaman 96 meter”

Cahyo Rokhman Effendi Senin (21/03/2022)

Efendi memaparkan bahwa air dari sumur bor tersebut dapat dimannfaatkan sebanyak 250 KK di wilayah Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk. Titik air dari sumur bor itu ditarik ke torn puncak pengger yang berada di kompleks masjid Al Amien pengkok yang berjarak 1 kilometer.

“Dari torn tersebut kemudian dialirkan melalui pipa-pipa yang kami pasang ke rumah-rumah warga setempat”.

Cahyo Rokhman Effendi

Pendanaan pembangunan sumur bor dan pipanisasi yang dimulai dari pertengahan tahun 2020 itu bersumber dari Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Surakarta dan Gunungkidul. Selain itu kegiatan ini juga mendapatkan suport dari warga kalurahan Pengkok dan Patuk.

“Alhamdulilah semoga ini dapat bermanfaat sehingga saat musim kemarau warga tidak lagi mengalami kesulitan air”.

Cahyo Rokhman Effendi
Baca Juga:  Kembangkan Pawonsari, Tiga Kabupaten dan Kementrian BPN/ATR Tandatangani MoU
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.