Target 65 Persen, Ratusan Ternak Sapi Disuntik Vaksin PMK

Vaksinasi PMK
Vaksinasi PMK

Wonosari,(kupass.com)—Pemerintah terus menggencarkan vaksin untuk ternak guna mencegah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hewan ternak khususnya sapi di Kabupaten Gunungkidul sendiri tak luput dari perhatian Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul Wibawanti Wulandari. Dari catatan Dinas sendiri saat ini populasi sapi di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan sebanyak 151.000. Sementara itu target dari pemerintah pusat yakni sebanyak 100.000 ekor sapi.

“Populasi sapi di Gunungkidul banyak. Paling tidak ada 100.000 ekor sapi yang telah vaksin hingga akhir tahun,” kata Wibawanti, Sabtu (05/11/2022)..

Menurutnya hewan ternak sapi ini tidak hanya divaksin sekali. Untuk mengantisipasi terjangkit PMK sapi bakal mendapat 2 dosis vaksin dengan jeda waktu tertentu.

“Realisasinya paling tidak sampai 65 persen dari populasi yang ada,”jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Makmun berujar bahwa saat ini pemerintah telah melakukan percepatan dan penuntasan vaksinasi PMK. Hingga saat ini sudah ada sebanyak 5.211.000 ternak di seluruh Indonesia yang sudah tervaksin.

“Masih terus dilakukan penyuntikan oleh para petugas. Selama wabah ini merebak, ada 500.000 ekor ternak yang terjangkit virus ini dan telah ditangani oleh petugas kesehatan hewan. Masih ada 34.000 ternak yang terjangkit PMK sekarang ini. Pengendalian sendiri tetap dilakukan selain itu pengawasan dan pemantauan kesehatan juga tetap diberlakukan,”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *