Gelas Berlian Sinuri, Upaya Inovasi Program Pos Lansia Atasi Masalah Bunuh Diri

Launcing Pos Lansia Keliling Gelas Berlian Sinuri,
Launcing Pos Lansia Keliling Gelas Berlian Sinuri,

Semanu, (kupass.com) — Rumah Zakat Pos Lansia Husnul Khotimah Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu dan Pemerintah Daerah (Pemda) Gunungkidul melaunching iovasi Program Pos Lansia Keliling yang dinamai Gelas Berlian Sinuri (Gerakan Lansia Sehat Berdaya Lindungi Ancaman Aksi Bunuh diri), Minggu (20/03/2022). Gerakan ini disebut sebagai jawaban persoalan sosial khususnya fenomena gantung diri di kalangan kelompok lanjut usia dan mitos pulunggantung yang tidak ada habisnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi inisiasi dari Rumah Zakat dalam program kesehatan dengan rumah besarnya Kalurahan Ramah Lansia. Melalui berbagai kegiatan pelayanan di Pos Lansia Husnul Khotimah Dewi berharap agar kedepan agar dapat terus bekerjasama dengan pengembangan program Pos Lansia Kelilingnya.

“Kita sangat senang melihat simbah di Pos Lansia Husnul Khotimah ini. Kami menyambut baik karena ini sangat sesuai dengan program Gelas Sinuri. Kami juga sangat apresiasi dengan adanya mobil siaga lansia yang pertama di Gunungkidul”

Dewi Irawaty

Perwakilan Rumah Zakat cabang Yogyakarta Didik Agus menyampaikan Rumah Zakat dengan LKS Pos Lansia Husnul Khotimah ini sebagai LKS binaan sudah menggulirkan program Desa Ramah Lansia sejak Februari 2019 laku. Melalui program Desa Ramah Lansia ini, Rumah Zakat berusaha mewujudkan lingkungan fisik dan sosial bagi lansia untuk memenuhi kebutuhan hidup lansia sehingga lansia tetap sehat, aktif dan produktif.

“Rencananya melalui program Poling ini, tim relawan siaga lansia akan berkeliling ke seluruh wilayah padukuhan di Kalurahan Pacarejo. Kegiatan akan dilaksanakan setiap hari Ahad di salah satu padukuhan bertempat di balai Padukuhan atau pelataran Masjid dengan sasaran utama lansia sekitar lokasi pelaksanaan Poling”.

Didik Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.