Tipu Warga Piyaman, Oknum PNS Penyuluh Pertanian Dibekuk Polisi

  • Bagikan
InShot 20210909 202818358
InShot 20210909 202818358

Wonosari, (kupass.com)–Seorang oknum PNS yang bertugas di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul berinisial Ar (54) dibekuk jajaran Satreskrim Polres Gunungkidul. Pelaku yang merupakan warga Kalurahan Bunder, Kapanewon Patuk itu diduga melakukan penggelapan mobil jenis Toyota Avanza milik HP (30) warga Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari.

Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha menjelaskan bahwa, peristiwa kriminal tersebut berawal pada Senin 21 Desember 2020 lalu sekira pukul 18.30 WIB. Saat itu korban merental mobil Avanza tersebut kepada pelaku senilai Rp 25 juta. Mobil tersebut dijamin pelaku keamanannya meskipun sebenarnya Toyota Avanza itu ternyata hanya mobil rentalan.

“Selang 3 bulan kemudian, pelaku meminjam mobil tersebut hingga akhirnya tidak pernah dikembalikan,”ucap Kapolres.

Sadar menjadi korban penipuan, korban lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polres Gunungkidul. Mendapatkan laporan, jajaran Satreskrim kemudian melakukan upaya penyelidikan.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Tabrak Lari di JJLS Paliyan

“Pada hari Senin 09 Agustus 2021 lalu anggota mendapat informasi tentang keberadaan pelaku. Ar ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Dia kemudian diamankan dan dilakukan penahanan,”terangnya.

Menurut Kapolres pelaku yang sudah ditetapkan menjadi tersangka itu melakukan dugaan tindak pidana dengan maksud untuk mendapat keuntungan pribadi. Selain mengamankan pelaku, Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa satu Unit Mobil Avanza, surat perjanjian sewa dan gadai serta beberapa Hanphone.

“Ancaman Hukuman yang dikenakan yakni Pasal 378 KUHP atau 372 KUHP tentang penipuan dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan hukuman selama lamanya 4 (empat) tahun penjara,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *