Polisi Catat Ratusan Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan di Jalan Raya

  • Bagikan
Apel Gelar Pasukan
Apel Gelar Pasukan

Wonosari, (kupass.com)–Sebanyak ratusan orang tercatat meninggal dunia di jalan raya akibat mengalami kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut tercatat berdasarkan data dan analisa jajaran Ditlantas Polda DIY.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah saat memberikan pengarahan saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Progo 2021 di halaman Polres Gunungkidul, Senin (15/11/2021).

Operasi zebra progo tahun ini akan melibatkan sebanyak 980 personel dari Polda DIY. Kegiatan operasi ini dilaksanakan selama 14 haru, mulai dari tanggal 15 November 2021 sampai dengan tanggal 28 November 2021.

“Secara serentak juga dilaksanakan di seluruh indonesia dengan mengedepankan kegiatan edukatif, preemtif dan preventif persuasif humanis. Langkah ini bertujuan agar tercipta situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,”kata Kapolres.

Lalu lintas disebut Kapolres mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan. Sehingga dibutuhkan adanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berkendara.

“Ini masih sering diabaikan, bahkan terkadang tidak dianggap penting oleh sebagian besar pengguna jalan, sehingga jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya masih relatif tinggi, termasuk di wilayah hukum Polres Gunungkidul Polda DIY,”katanya.

Baca Juga:  Hujan Deras Dengan Intensitas Tinggi, Teras Setinggi Enam Meter Milik Subroto Ambrol

“Operasi zebra imi merupakan sarana cipta kondisi sebelum menghadapi perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022,”imbuhnya.

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi ditlantas Polda DIY selama bulan Januari hingga Oktober Tahun 2021, jumlah pelanggaran Lalu lintas yang terjadi sebanyak 67.528 dengan jumlah tilang sebanyak 30.443. Sementara untuk teguran yaknu sebanyak 37.085.

“Kecelakaan lalu lintas sebanyak 4.366 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 448 orang,”kata Aditya.

Untuk meminimalisir permasalahan laka lantas, jajaran Polres bakal meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Polda Diy beserta jajaran bakal dibantu stakeholder terkait untuk melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi “Zebra Progo-2021”.

“Laksanakan dan publikasikan kegiatan yang positif selama operasi dan hindari tutur kata yang dapat merusak citra Polri di masyarakat,”tandssnya.

Kapolres mengajak kepada warga masyarakat Gunungkidul agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Hal ini menurutnya sangat penting untuk menekan angka kecelakaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *