Kapolda DIY Minta Warga Masyarakat Tak Main Hakim Sendiri Dalam Menyelesaikan Persoalan Kejahatan

Patuk, (kupass.com)–Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan meminta agar warga masyarakat tidak main hakim sendiri saat menyelesaikan permasalahan. Jika ada masalah atau menemui orang yang berbuat kejahatan maka harus dibawa ke Kantor Polisi.

“Bagimana kita bersikap apabila mendapat orang melakukan kejahatan. Setelah dikuasai agar dibawa ke kantor Polisi, di Jogja punya jaga warga,”terang Kapolda dalam acara Jumat Curhat yang dilaksanakan di Kapanewon Patuk, Jumat (14/06/2024).

Suwondo Nainggolan menegaskan bahwa jangan sampai warga masyarakat saat ini menurunkan pada generasi bawah untuk mempertontonkan kekerasan kepada orang.
Sehingga dinilai kekerasan dan main hakim sendiri menjadi kebiasaan menyelesaikan persoalan.

“Kegiatan Jumat curhat dilakukan setiap Minggu, kita sampaikan informasi dan menyerap aspirasi dari warga masyarakat,”imbuhnya.

Isu ini dibahas Kapolda bersama sejumlah tokoh agama, ormas dan masyarakat lantaran di DIY seringkali erjadi kasus kekerasan. Kapolda mencontohkan kasus dan istilah penyebutan Klitih atau kejahatan jalanan di masyarakat.

“Ini bukan tanggung jawab Polri saja namun juga semua pihak baik TNI Pemprov, Pemda hingga jajaran bawah dan warga masyarakat,”ungkapnya.

Dal acara Jumat Curhat tersebut Kapolda juga menerima masukan dan aspirasi terkait sejumlah kasus seperti Judi Online (Slot), Pinjaman Online (Pinjol) hingga kasus rentenir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *