Tambah Kekayaan Motif Asli Gunungkidul, Batik Wonosadi Misuwur Dilouncing Bupati

  • Bagikan
Bupati Sunaryanta Resmikan Batik Baru Khas Gunungkidul
Bupati Sunaryanta Resmikan Batik Baru Khas Gunungkidul

Ngawen, (kupass.com)–Hasil karya batik buatan siswa SMK Negeri 1 Ngawen Dilaunching Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Rabu (16/03/2022). Batik ini bermotif Wonosadi Misuwur yang diklaim menambah kekayaan motif batik asli Gunungkidul.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMK Negeri 1 Ngawen Supiningsih. Dia berujar bahwa, batik ini merupakan batik khas wilayah Ngawen yang sudah mendapatkan pengakuan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Tanggal 7 Agustus 2021.

“Setelah batik ini resmi di launching, saya berharap bapak bupati segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk pemakaian batik ini sesuai dengan audiensi yang sudah kita laksanakan beberapa waktu lalu,” kata Supriningsih di SMK Ngawen, Rabu (16/3/2022).

Batik motif Wonosadi Misuwur, tidak sekedar kain yang ditulis dengan menggunakan malam atau jahitan lilin. Batik ini mempunyai filosofi yang sangat erat dengan budaya dan kearifan lokal untuk masyarakat di Wilayah Ngawen.

Adapun ciri khas dari Batik Wonosadi Misuwur ini adanya gambar gunung yang terletak di Jurang Jero, Ngawen bermotif 3 dimensi, kemudian terdapat gambar pohon asam jawa sebagai simbol pengayoman.

Baca Juga:  Catut Nama Bupati, Kemitraan Ayam Joper Menuai Polemik, Kelompok Merasa Tertipu
Batik Baru Khas Gunungkidul Karya Anak SMK
Batik Baru Khas Gunungkidul Karya Anak SMK

“Dalam motif batik ini juga menggambarkan petilasan Samber Nyowo yang berada di kawasan Gunung Gambar, “ paparnya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutanya mengatakan, batik Wonosadi Misuwur diharapkan dapat menambah koleksi motif batik asli Gunungkidul. Dengan adanya berbagai macam motif batik akan menambah kekayaan di Bumi Handayani.

“Saya memberikan apresiasi atas launcing nya batik Wonosadi Misuwur. Ini yang saya harapkan masyarakat harus terus berinovaasi mengembangkan motif batik sehingga ini akan mengangkat perekonomian masyarakat secara tidak langsung,” kata Bupati.

Bupati juga berharap, motif batik Wonosari Misuwur dapat diterima masyarakat. Sehingga akan bermanfaat untuk masyarakat dan para penggiat UMKM batik.

Launching batik Wonosadi Misuwur ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Gunungkidul yang disaksikan oleh perwakilan dari Kemenristekdikti, Kepala SMK Negeri 1 Ngawen, sejumlah kepala OPD , dan perwakilan tokoh masyarakat Kapanewon Ngawen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.