Wakil Bupati Sebut Tanam Pohon Buah Sebagai Solusi Meminimalisir Serangan Kera Ekor Panjang

Wakil Bupati Saat Meninjau Ladang Warga
Wakil Bupati Saat Meninjau Ladang Warga

Panggang, (kupass.com)–Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mendatangi lokasi ladang dampak serangan kera ekor panjang yang selama ini meresahkan petani di Padukuhan Jeruken, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, pada Senin (26/12/2022). Dalam kesempatan tersebut pemerintah daerah akan berupaya membantu menyelesaikan permasalahan petani terutama serangan kera ekor panjang. Upaya ini akan dicoba dengan menanam pohon buah-buahan diwilayah yang terserang mamalia primata itu.

“Tentunya kita akan melakukan pemetaan wilayah yang terdampak terutama kepada warga masyarakat yang menamam tanaman pangan,”jelas Wakil Bupati.

Selain itu, Pemda disebutnya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Dan Lingkungan Hidup (DKLH) dan juga KPH dari DIY untuk segera melakukan penanganan secara kesinambungan. Paling tidak ada tanaman atau pohon yang nanti ditambahkannya bisa ditanam untuk kepentingan kebutuhan pangan kera ekor panjang. Sehingga jika nanti kebutuhan pangan terpenuhi kemungkinan kawanan kera tersebut akan minim merusak tanaman pangan masyarakat.

“Kalau laper dia cari makan, namun ketika tercukupi kebutuhan pangan nantinya akan berkurang. Tanaman pangan milik petani akan aman, saya rasa itu solusi dari pemerintah daerah,”imbuhnya.

Sementara itu Panewu Panggang, Widyastuti mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah merespon cepat keluhan para petani yang lahannya dirusak oleh serangan kera ekor panjang.

“Semoga solusi dari pemerintah daerah bisa mengatasi permasalahan para petani dari serangan kera tersebut sehingga tidak mengganggu tanaman pangan para petani,”tandasnya. (Jrw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *