Tangkapan Jaring Sepi, Nelayan Ngrenehan Beralih Cari Ikan Dengan Cara Mancing

  • Bagikan
Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan

Saptosari,(kupass.com)-Sejumlah nelayan di pantai Ngrenehan, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari berpindah profesi sebagai pemancing. Hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran hasil tangkapan ikan laut menggunakan jaring hasilnya kurang .

Salah seorang nelayan Sungkono, warga Padukuhan Gebang, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari menceritakan, kondisi tersebut dikarenakan adanya faktor cuaca dan musim. Dia menyebut, tangkapan ikan di wilayah pantai selatan khsususnya di pantai Ngrenehan sangat sepi.

“Kami beralih pakai pancing, karena cuaca dan situasi saat ini bagus untuk mancing dan hasilnya pun lebih banyak mancing daripada memakai jaring,”katanya, Sabtu (11/09/2021).

Dia berujar, dengan cara memancing Sungkono dapat menghasilkan sekitar 2 kwintal ikan laut. Namun ketika menggunakan jaring hasil yang didapat hanya sekitar 50 kilogram.

Baca Juga:  Mampu Menumbuhkan Perekonomian Masyarakat, Agro Wisata Semangka Klayar Panen Perdana

“Kondisi seperti ini akan sampai waktu kurang lebih satu bulan.
Dimana nanti musim jenis ikan yang saat ini kebanyakan Kakap akan ganti dengan musim Layur dan sejenisnya. Ikan – ikan ini biasa mudah ditangkap pakai jaring,”terangnya.

Menurut prediksi Sungkono, nantinya akan ada pergantian musim ikan. Jenis ikan laut tersebut yang akan menentukan para nelatan untuk menangkap menggunakan peralatan jaring ataupun pancing. (Wanto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *