Tampung Ratusan Pedagang, Bupati Resmikan Pasar Munggi Semanu

Semanu, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta meresmikan pasar Munggi Kapanewon Semanu, Kamis (30/3/2023). Sebelum dibangun, para pedagang yang berada di pasar ini awalnya berjualan dipinggir jalan. Saat ini mereka bisa menempati los baru.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, Pasar Munggi 2 dibangun menggunakan Dana Tugas Pembanguan dari APBN Tahun 2020 dan 2023 sebesar Rp. 2,3 milyar. Pasar ini mulai dioperasikan Tanggal 25 Maret 2023.

“Dana pembangunan ini dari TP APBN 2020 sebesar 2,3 milyar dan TP APBN 2022 sebanyak 2,3 milyar. Akan mampu menampung 200 pedagang,”terang Kelik.

Pembangunan Pasar Munggi 2 ini sempat terkendala refokusing anggaran akibat pandemi Covid-19 pada Tahun 2020 lalu. Sehingga proses penyelesaian pembangunan harus dikerjakan secara bertahap. Kini Dinas Perdagangan tengah merelokasi pedagang secara bertahap.

“Serah terima dengan pusat sudah kita laksanakan pada 25 Februari 2023. Kita bekerjasama dengan Dishub, Satpol PP untuk merelokasi pedagang agar mereka tidak lagi berjualan dipinggir jalan,”paparnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta meminta Dinas Perdagangan melakukan penataan Pasar Munggi baik Munggi 1 maupun Munggi 2. Bupati juga berpesan agar penjual menempati pasar baru dan tidak berjualan di pinggir jalan karena menganggu pengguna jalan.

“Pasar ini kita harapan menjadi lokomotif perekonomian di Semanu. Jangan lupa menjaga kebersihan agar pengunjung nyaman,”terang bupati.

Orang nomor satu di Gunungkidul ini juga meminta Disdag melengkapi aksesbikitas pasar, baik yang digunakan pedagang maupun pengunjung. Sehingga dihadapkan keramaian pasar akan meningkat.

“Pemerintah juga akan terus memantau lonjakan harga jangan sampai ini akan memberatkan masyarakat,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *