Ramaikan Geliat Ekonomi, Pengusaha Kayu Buka Kuliner di Gunungkidul

Panggang, (kupass.com) — Munculnya destinasi wisata baru di Kabupaten Gunungkidul membuat geliat perekonomian warga masyarakat terus mengalami peningkatan. Kondisi ini juga dibarengi kemunculan sejumlah usaha berbagai macam usaha kuliner. Hal ini tentunya membuat lapangan kerja bagi warga masyarakat lokal terbuka luas dan mengangkat ekonomi khususnya di wilayah Desa (Kalurahan).

Seperti yang dilakoni oleh Pardiman (41) warga Padukuhan Kedungjati, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Dia memberanikan diri untuk turut meramaikan geliat ekonomi melalui usaha kuliner warung makan yang dinamai Rumah Dahar Bu Darmi. Dengan menu andalan Ayam Ingkungnya, Pardiman membangun rumah makannya dengan konsep rumah kayu berbentuk Limasan.

“Kami ingin mengangkat ekonomi Desa (Kalurahan). Lokasi ini dahulunya adalah hutan,”kata Pria yang juga pengusaha Kayu itu, Kamis (04/03/2022).

Rumah Dahar yang terletak di Padukuhan Banyumeneng, Kalurahan Giriharjo, Kapanewon Panggang itu dilounching langsung oleh Panewu Panggang Widyastuti. Konsep rumah Limasan ini dipilih Pardiman semata-mata tidak lain untuk melestarikan budaya Jawa.

“Saya buat berbeda dan mudah-mudahan warga masyarakat suka,”terangnya.

Dia juga ingin memberdayakan masyarakat setempat dengan membuka lapangan kerja. Ini menjadi misi Pardiman agar usahanya itu dapat bermanfaat bagi warga lokal di wilayah Kalurahan Giriharjo. Menu andalan Rumah Dahar Bu Darmi ini adalah ayam ingkung Jawa dengan bumbu khasnya itu mempunyai cita rasa tersendiri. Cocok dengan lidah warga Jogja, menu sambal racikan Pardiman mempunyai rasa pedas manis.

“Ada yang jual pasti ada yang beli. Itu prinsip saya,”terangnya.

Sementara itu Anggota DPRD Gunungkidul Timbul Suryanto yang hadir dalam kesempatan itu mendukung penuh geliat ekonomi yang ada di Kapanewon Panggang. Menurutnya, kemunculan usaha kuliner ini akan meningkatkan derajat warga lokal. Angka pengangguran diyakini akan terus menurun lantaran lapangan kerja bagi warga sekitar terbuka luas.

“Banyak destinasi wisata di Panggang ini. Tentunya dengan lahirnya usaha-usaha kuliner seperti Rumah Dahar Bu Darni ini juga akan berdampak positif tak terkecuali bagi warga Gunungkidul,”kata Timbul.

Lounching Rumah Dahar Bu Darni ini juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kapenewon dan sejumlah Pamong Kalurahan Giriharjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *