Optimalisasi Pertanian Modern di Gunungkidul, Pemda Berikan Puluhan Alsintan

Wonosari, (kupass.com)–Guna melakukan optimalisasi pertanian Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk para petani, Rabu (29/03/2023). Pengadaan Alsintan tersebut memakan anggaran total sejumlah Rp 916.065.000.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala DPP Gunungkidul Rismiyadi. Menurutnya alsintan yang diberikan kepada kelompok tani yakni terdiri dari 35 unit hand tractor dan 10 kultivator.

“35 tractor diberikan untuk kelompok tani sementara 5 kultivator digunakan untuk budidaya tembakau dan 5 kultivator lainnya untuk Balai Penyuluhan Pertanian,”terang Rismiyadi.

Dia menambahkan bahwa biaya untuk pembelian alsintan ini berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tahun 2023. Alsintan ini menurutnya bakal mendukung upaya modernisasi pertanian di Gunungkidul.

“Sebagai motivasi para kelompok tani agar mengembangkan pertanian. Selain itu juga semakin menambah wawasan para petani terkait teknologi pertanian dan uaya edukasi melalui DPP,”imbuhnya.

Dikesempatan yang sama Bupati Gunungkidul Sunaryanta berpesan agar para petani mendukung optimalisasi sektor pertanian. Salah satunya dengan memanfaatkan bantuan alsintan. Sektor pertanian disebut Bupati memberikan kontribusi terbesar untuk pertumbuhan ekonomi Gunungkidul mencapai 24 persen.

“Petani menjaga ketahanan pangan kita,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *