Fokus Bantu Pemberdayaan Warga Masyarakat, UMBY Latih UMKM dan Pengembangan Wisata

  • Bagikan
Pelatihan Produksi Olahan Pangan Berbahan Lokal UMBY Dan Desa Wisata Tepus 2022
Pelatihan Produksi Olahan Pangan Berbahan Lokal UMBY Dan Desa Wisata Tepus 2022

Tepus, (kupass.com) — Sejumlah warga Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus mendapatkan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengembangan Désa Wisata dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pelatihan ini dilakukan mahasiswa UMBY yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kalurahan dengan fokus memberdayakan masyarakat lokal.

Koordinator KKN UMBY Fahrudin Febriyanto mengatakan bahwa, 11 mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut melaksanakan program pelatihan UMKM pembuatan tur tela, jagung dan emping kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) di Padukuhan Pakel. Mereka dilatih cara memproduksi potensi pangan lokal itu hingga tata cara pemasarannya.

“Selain itu kami juga melakukan pelatihan marketingnya dan pengelolaan penggunaan medsos sebagai sarana pemasarannya. Kita juga dibimbing langsung oleh Dosen pembimbing Didiet Heru Swasono dalam sosialisasi penyuluhan mental,”

Kata Koordinator KKN UMBY Fahrudin Febriyanto, Sabtu (12/02/2022).

Menurut Fahrudin, Kalurahan Tepus dipilih sebagai penyelenggaraan KKN prgram Pemberdayaan Masyarakat angkatan 40 kelompok 53 UMBY bukan tanpa alasan. Kalurahan Tepus dinilai merupakan wilayah yang saat ini sedang berkembang merintis wisatanya.

“Kita membantu Kalurahan ini menjadi tujuan wisata lebih maju lagi. Harapannya kedepan meskipun kita tidak lama disini tapi dapat membuat perubahan”

Dikesempatan yang sama Kasi Tata Laksana Kalurahan Tepus Suheri memberikan apresiasi kegiatan KKN UMBY di wilayahnya.

Baca Juga:  Nyolong Kambing Untuk Bayar Rentalan Mobil, Seorang Pemuda Digulung Polisi
Penyuluhan Dan Terapi Kesehatan Mental UMBY Dan Desa Wisata Tepus
Penyuluhan Dan Terapi Kesehatan Mental UMBY Dan Desa Wisata Tepus

Menurutnya ilmu dan pelatihan yang didapat dari mahasiswa untuk masyarakat kedepan dapat ditularkan kepada warga lain. Melihat potensi wisata Kalurahan Tepus disebut Heri sejalan dengan program KKN yang memberikan support pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan UMKM.

“Harapan kami ilmu ini tidak sampai disini saja karena sangat bermanfaat sehingga kita bisa tularkan kepada keluarga dan warga masyarakat”.

Selain Pelatihan, juga diadakan Penyuluhan dan Terapi Kesehatan Mental di Desa Wisata Tepus oleh KKN PPM UMBY Angkatan XL Kelompok 53.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.