Dukung Kampung Hortikultura, Sepuluh Ribu Pisang Jenis Cavendish Ditanam Untuk KWT Ngudi Makmur

Penanaman Pisang Cavendish
Penanaman Pisang Cavendish

Patuk, (kupass.com)–Guna mendukung Kalurahan Ngoro-oro menjadi kampung Hortikultura, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan bibit pisang jenis Cavendish. Sebanyak 10.000 bibit pisang tersebut diberikan untuk Kelompok Tani Ngudi Makmur, Padukuhan Salaran, Kalurahan Ngoro-oro, Kapanewon Patuk.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Rismiyadi mengatakan bahwa, bibit yang mirip dengan pisang Ambon ini dibudidayakan untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Bibit pisang cavendish merupakan bantuan dari pemerintah sejumlah 10.000 bibit untuk Kelompok Tani Ngudi Makmur Salaran dan KWT Ngudi Makmur Senggotan,” kata Rismiyadi.

Dia menambahkan bahwa, secara umum pisang Cavendish jika dirawat dengan bagus jenis pisang ini memiliki pasar yang baik dan luas. Setelah dipanen, biasanya pisang ini akan dipasarkan ke supermarket.

“Bibit Cavendish, bibitnya hasil teknologi kultur jaringan. Jadi semua mempunyai sifat yang sama. Beda jika bibitnya dari bonggol, sifatnya belum tentu sama dengan induknya,” paparnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang berkesempatan hadir mengikuti gerakan penanaman mendukung Kalurahan Ngoro-oro menjadi kampung hortikultura. Pihaknya berharap tidak hanya pisang, namun juga banyak tanaman lain yang dikembangkan di wilayah ini.

“Tidak hanya menjadi pusat kunjungan wisata holtikultura namun juga dapat meningkatkan pendapatan petani,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *