Tingkatkan Potensi Pertanian Hortikultura, Ribuan Bibit Pisang Cavendish Ditanam di Tanjungsari

Penanaman Pisang Cavendish Di Tanjungsari
Penanaman Pisang Cavendish Di Tanjungsari

Tanjungsari, (kupass.com), Pemerintah Kalurahan Kemiri bersama dengan DPP Kabupaten Gunungkidul melakukan Penanaman Pisang Cavendish di Bulak Ngancar, Guyangan, Kalurahan Kemiri Kapanewon Tanjungsari, Senin (24/10/2022).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul Rismiyadi memaparkan bahwa, sebanyak 10.000 batang bibit pisang diterimakan kepada Kelompok tani Kuncup Sari dan Mekar Sari, selain itu Kelompok tani Kuncup sari. Dua Poktan ini juga mendapat bantuan berupa Pupuk NPK sebanyak 7 ton, Pupuk Organik 60 ton, dan Pupuk Trichoderma 35 kilogram dan untuk bibit pisang nantinya akan ditanam di lahan seluas 10 hektar.

“Pemberian bantuan bibit pisang ini adalah dalam rangka pengembangan pertanian di Kalurahan yang didukung langsung oleh Bupati Gunungkidul,”bener Rismiyadi.

Mengingat Tanjungsari ini adalah kawasan wisata, diharapkan dalam waktu satu tahun kedepan masyarakat dapat memanen dan juga menjualnya kepada wisatawan. Selain dijual kepada wisatawan pisang Cavendish ini juga dapat dijual dan didistribusikan ke pasar.

“Sebelumnya Dinas bersama dengan Bupati sudah menyerahkan bantuan bibit pisang cavendish ke daerah Ngoro-oro, Kapanewon Patuk,”imbuhnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaikan bahwa pentingnya sektor pangan dalam kehidupan sehari-hari mengingat pertanian di Gunungkidul ini cukup besar. Gerakan tan pisang ini disebut dalam rangka persiapan dari sektor ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Harapannya dengan gerakan ini dapat meningkatkan kebutuhan masyarakat. Para petani kami harapkan dapat meningkatkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan potensi pertanian di Gunungkidul,”terang Sunaryanta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *