Unik! Pohon Jati Raksasa Tumbuh di Komplek Makam, Usianya Ratusan Tahun

  • Bagikan
IMG 20210505 WA0021
IMG 20210505 WA0021

Purwosari,(kupass.com)–Sebuah pohon raksasa jenis jati tumbuh di Padukuhan Blado, Kalurahan Giritirto, Kapanewon Purwosari. Pohon ini berada di komplek makam wilayah setempat ini diyakini sudah berusia ratusan tahu.

Kepala Dukuh Blado Witanto mengatakan bahwa, pohon jati ini menjulang tinggi memiliki diameter 2 meter dan tinggi 50 meter. Warga masyarakat mengklaim bahwa pohon jati ini sudah ada sebelum penduduk Padukuhan Blado menempati wilayah tersebut.

“Warga masyarakat sekitar tidak menebang kayu jati yang berada di komplek pemakaman umum Padukuhan Blado. Karena berada di komplek pemakaman, kayunya pun tidak ada yang memanfaatkan,”ujar Witanto.

Witanto membeberkan bahwa, pada zaman pemerintahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX dahulu, pohon jati raksasa ini sempat akan dilakukan penebangan. Namun justru tidak jadi dengan alasan yang tidak diketahui.

Baca Juga:  Baru Setengah Tahun, Puluhan Warga Gunungkidul Mati Gantung Diri

Selain itu ada yang unik dan berusia tua, pohon jati berusia ratusan tahun ini tidak memiliki akar seperti kayu pada umumnnya. Hal ini menurut Witanto dibuktikan jika ada warga setempat yang meninggal dunia.

“Ketika mau menggali liang lahat di bawah pohon jati ini sangat jarang ditemukan akarnya. Itu uniknya, padahal kalau menurut ukuran jati yang cukup besar, paling tidak akar itu banyak dan besar, tapi ini justru tidak ada,”katanya.

“Walaupun begitu, masyarakat mengklaim bukan berarti hal tersebut menjadi kemusyrikan atau pun sejenisnya. Namun karena sudah menjadi tradisi dan kesepakatan di warga Padukuhan Blado tidak menebang pohon ini,”terangnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *